Jepang dilanda gempa dahsyat, Jumat, 11/03/2011 13:57 WIB Gempa 8,8 SR Guncang Jepangyang kemudian di ikuti dengan tsunami, Gempa Jepang Timbulkan Tsunami 4 Meter dan kebakaran, Enam Kebakaran Terjadi di Tokyo. Saking hebatnya gempa, maka Aspal Terkelupas, Jalan Meregang dan Tiang Listrik Roboh di Tokyo . Kesemua itu mengapa terjadi tepat tgl 11-maret-2011 ? Tak Disangka, Kini Berubah Bencana

Repro CNN Gambar televisi yang memperlihatkan tsunami yang melanda wilayah Jepang setelah gempa berkekuatan 8,9, Jumat (11/3/2011).

TOKYO, KOMPAS.com – Tidak ada yang menyangka. Gempa sebelumnya yang menghantam bagian utara Jepang dengan guncangan awal berkekuatan 7,2 pada Rabu (9/3/2011), itu telah berubah menjadi bencana besar, Jumat (11/3/2011), hari ini. Gempa bumi itu berubah kekuatannya menjadi 8,9 yang terjadi di wilayah lepas pantai timur di Jepang. Seperti diberitakan di Kompas.com, Rabu (11/3/2011), informasi gempa tersebut dilansir oleh pihak Japanese Meteorological Agency (JMA). Sebelumnya, penyiar radio NHK juga mengabarkan akan adanya peringatan tsunami setinggi lebih dari 50 sentimeter di wilayah timur laut Jepang. NHK melaporkan, seperti diungkapkan pejabat dinas, fokus getaran gempa tersebut sejauh 10 kilometer atau 6 mil di bawah permukaan bumi di wilayah Aomori.

Hari ini, gempa bumi berkekuatan 8,9 tersebut telah mengguncang bangunan-bangunan di ibu kota Tokyo dan menyebabkan “banyak orang terluka”, serta setidaknya satu kebakaran dan memicu peringatan tsunami hingga ketinggian 10 meter. Demikian lapor televisi NHK dan saksi. NHK juga memperlihatkan gambar asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api cepat ke utara negara itu dihentikan. Gambar televisi menunjukkan mobil-mobil terayun-ayun di air di samping perahu. “Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja,” kata koresponden Reuters, Linda Sieg. “Mungkin ini gempa yang terburuk yang saya rasakan sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun lalu,” ujarnya.

Isi dari artikel itu secara garis besar tertuang adalah “Tidak ada yang menyangka. Gempa sebelumnya yang menghantam bagian utara Jepang dengan guncangan awal berkekuatan 7,2 pada Rabu (9/3/2011), itu telah berubah menjadi bencana besar, Jumat (11/3/2011), hari ini. Gempa bumi itu berubah kekuatannya menjadi 8,9 yang terjadi di wilayah lepas pantai timur di Jepang”

Menurut artikel itu, sebuah penegasan adalah TIDAK ADA YANG MENYANGKA, benarkah tidak ada yang menyangka gempa besar itu ? Hal ini adalah sebuah tulisan yang telah menerangkan, Dahsyatnya Gempa Selandia Baru, Mengapa Terjadi Tepat 22-2-2011 ? yang menuliskan hal itu, yaitu sebuah filosofi “DULU SELAMAT SEKANG TIDAK LAGI”, tertuang di akhir alinea:

Sebuah pesan universal akan keselamatan dari anak-anak yang menjadi fokus dari tulisan itu dan dipertegas dengan adanya gempa selandia baru, sebagai hal yang wajar ketika waspada gempa menjadi bagian penting, dimana gempa selandia baru yang terjadi dahulu adalah sebuah pesan yang wajar “dulu selamat … sekarang tidak”. Hal yang sama pernah dijelaskan pada peristiwa meninggalnya mbah marijan “dulu selamat … sekarang tidak,” baca Kejadian Aneh-Aneh Sebelum Mbah Marijan Meninggal

Gempa Selandia baru terjadi tgl 4/9/2010 dengan tidak ada korban jiwa, namun ketika gempa terjadi 22-2-2011 korban jiwa mencapai ribuan orang, berikut:

Gempa yang terjadi  Sabtu, 04/09/2010 11:56 WIB Gempa 7,1 Skala Richter Guncang Selandia Baru yang kala itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun dengan skala yang lebih kecil, justru gempa yang terjadi tgl 22-2-2011 itulah gempa yang merusak dan membunuh jiwa. Seolah menunggu tgl 22-2-2011 itulah sebagai sebuah lonceng kematian yang telah ditabuh.

Gempa 22-2-2011 telah menjadi sebuah momen bagi gempa yang dulu selamat (tgl 4-9-2010), kini dengan tgl yang mudah di-ingat, maka gempa jepang terjadi pula 11-3-2011,Sejumlah Gedung di Tokyo dan Miyagi Terbakar dimana gempa itu didahului dengan gempa tgl 9-3-2011. Filosofi “Dulu Selamat Sekarang tidak lagi adalah sebuah tulisan yang jelas sebagai bagian dari peringatanNya.

Sekali lagi 11-3-2011, Tsunami Luluhkan Kamaichi, Kebakaran Landa Yokohama dan Wuih! 30 Menit Setelah Gempa, Gedung-gedung di Tokyo Masih Bergoyang itulah sebuah gempa dahsyat yang terjadi tgl 11-3-2011 sebagai bagian yang harus disadari bahwa “Dulu Selamat, Sekarang Tidak Lagi”

Tsunami Terjang Jepang
Gelombang setinggi 10 meter ini menyapu segala yang ada di kota tersebut. Korban tewas pun mulai berjatuhan. Reuters/NHK via Reuters TV.

 

Itulah dua gempa di selandia baru dan di jepang dengan tgl-tgl yang mudah di-ingat yakni tgl 22-2-2011 untuk gempa selandia baru dan 11-3-2011 untuk gempa Jepang, sebuah tgl yang unik dan mudah di-ingat agar manusia mengingatinya, khususnya bagi indonesia, dimana dengan dua gempa itu adalah kunci-kunci alam semesta telah terbuka, hingga suatu waktu ketika sebuah rahasia telah terungkap sebagai bagian dari tsunami itu:

Rahasia yang sebentar lagi terkuak, bagian dari desember-2004 …… Tsunami Aceh terjadi tgl 26-desember-2004

 

Advertisements